Hampers: Asal Usul Tradisi Hampers Yang Mendunia

Bertukar hampers sudah menjadi tradisi yang identik dengan perayaan hari raya di Indonesia mulai dari Idul Fitri, Natal, hingga tahun baru. Konon tradisi ini sudah turun temurun dari generasi ke generasi dan sifatnya mendunia. Sehingga tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Banyak negara yang menjalankan tradisi ini. Namun taukah kalian asal usul dari tradisi ini? Yukk Simak selengkapnya di artikel berikut ini:

Berawal dari bentuk sumbangan kepada rakyat jelata

Mengutip dari yoursay.id Konon, hampers diyakini berawal dari bentuk jalinan kasih dari berbagai Yayasan amal yang berkembang pada abad ke-20 yakni masa pasca perang dunia. Berbagai Yayasan filantropi di Eropa membagikan makanan, minuman, sabun, pakaian, dan kebutuhan rumah tangga lainnya untuk membantu keluarga yang kesusahan akibat resesi ekonomi pasca perang. Sumbangan tersebut diberikan dalam bentuk parcel bingkisan keranjang dari anyaman serat kayu yang disebut dengan nama “hamper”.

Berkembang menjadi tradisi hari raya

Berkat pemulihan ekonomi, Masyarakat Eropa kini sudah tidak lagi bergantung pada para penyumbang untuk memenuhi kenutuhan hidup mereka. Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi hampers juga mulai berubah.

Kini isian hampers mulai berubah menjadi bingkisan hadiah yang berisi kudapan seperti selai, buah, roti, biscuit, dan makanan manis lainnya.

Masuk ke Indonesia di era Modern

Era modern merupakan pintu masuk berbagai budaya dan tradisi dari luar negeri ke dalam masyarakat Indonesia. Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam. Maka tradisi ini masuk melalui perayaan Idul Fitri di setiap tahunnya.

Berkat modernisasi dan masuknya budaya populer ke Indonesia di era 80 dan 90’an, tradisi ini mulai dirayakan oleh masyarakat Indonesia secara luas. Popularitas tradisi tukar menukar hampers kian meningkat dan kini menjadi ladang komersial, sehingga banyak pasar swalayan atau toko toko lainnya menyediakan jasa pembuatan hampers.

Berawal dari sumbangan untuk orang yang kurang mampu kini hampers sudah menjadi tradisi yang melekat bagi masyarakat Indonesia saat perayaan hari hari besar tiba. Hampers pun kini memiliki berbagai ragam, tidak lagi hanya berupa makanan tetapi juga berupa tas, alat elektronik, hingga pernak pernik lainnya.

Untuk kamu yang sedang mencari hampers special untuk dibagikan di hari raya UwaisGen bisa jadi salah satu referensi hampers etnik Bali untukmu. UwaisGen memiliki beberapa produk tas eksklusif yang bisa kamu jadikan sebagai hampers untuk diberikan di momen hari raya ini. Terdapat berbagai jenis dan model tas etnik Bali yang dapat kamu pilih sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Baca juga artikel seputar trend warna 2024 DISINI

Baca juga artikel seputar Tips memilih souvenir berkesan DISINI